Jumat, 31 Januari 2014

Cek Verifikasi Data Guru atau PTK Tahun 2014

Kali ini saya akan share tentang Cek Verifikasi Data Guru atau PTK Tahun 2014 terbaru, Bagi para pendidik atau Guru yang ingin mengecek atau memverifikasi data PTK untuk mengetahui apakah data enrty Dapodik masing masing sekolah apa sudah benar atau belum.
Sebab penerbitan SK Tunjangan Profesional (SK TP) akan didasarkan pada Data Pokok yang disebut DAPODIK  yang ada di DIREKTORAT P2TK DIKDAS (Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan).
 

DATA GURU atau Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) ini dikirim sendiri oleh sekolah masing-masing melalui Aplikasi Pendataan Pendidikan ke server pusat DAPODIK secara online. Sistem online DAPODIK ini berdampak pada guru atau PTK yang sudah memiliki sertifikat pendidik. Data Anda sebagai guru atau PTK harus benar dan valid, sehingga nantinya tidak bermasalah dengan penerbitan SK TP atau pencairan tunjangan sertifikasi.
Berikut langkah-langkah Cek Verifikasi Guru atau PTK 2014:
  • Kunjungi website P2TK DIKDAS KEMDIKBUD atau http://116.66.201.163:8083/info.php
  • Jika anda kesulitan dalam mengakses ke alamat diatas silahkan masuk ke alamat alternatif ini : 

Minggu, 26 Januari 2014

Kemdikbud Tingkatkan Akuntabilitas Penggunaan Keuangan Sekolah Melalui ALPEKA

Jakarta, Kemdikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerjasama dengan United States Agency for International Development (USAID), mengembangkan perangkat lunak aplikasi pengelolaan dan pelaporan keuangan sekolah (ALPEKA) melalui program Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators, and Students (PRIORITAS).
Kegunaan perangkat ini untuk memudahkan sekolah dalam pembuatan pelaporan penggunaan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Sehingga, pihak sekolah dapat lebih mudah untuk melakukan pengadministrasian, pelaporan, dan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana BOS.
Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kemdikbud, Didik Suhardi, mengungkapkan apresiasi yang positif terhadap kehadiran ALPEKA. Menurutnya, ALPEKA dapat mengadministrasikan dan melaporkan dana sekolah yang bersumber dari BOS Pusat dan semua sumber keuangan sekolah.
“Artinya, semua sumber keuangan sekolah diadministrasikan dan dilaporkan secara terpadu,” ujar Didik saat diwawancarai di ruang kerja, (24/1/2014). “Dengan demikian, kasus-kasus dobel bayar bisa dihindari,” ujarnya.
Sebagai informasi, sebelum kehadiran ALPEKA, sekolah harus menyisihkan sebesar Rp 500.000-Rp 2.000.000 dari anggaran dana BOS, guna membeli perangkat lunak pembuatan pelaporan BOS, disertai pelatihannya. Kini, pihak sekolah dapat mengunduh perangkat lunak pembuatan pelaporan BOS, ALPEKA, dengan gratis melalui situs http://www.bos.kemdikbud.go.id

Sehingga, sekolah tidak perlu lagi membeli atau menghadirkan tenaga ahli untuk memanfaatkan perangkat lunak ini dan dana BOS dapat dimaksimalkan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. ALPEKA merupakan perangkat lunak berbasis Microsoft Excel, dengan bahasa yang informatif, mudah dijalankan, praktis bagi para pengelola dana BOS di sekolah. Untuk menjalankannya, mereka cukup membaca tahapan-tahapan panduan penggunaan ALPEKA yang sudah disediakan di situs http://www.bos.kemdikbud.go.id

Implementasinya, terdapat empat tabel besar yang harus diisikan pada masing-masing tahapan, yaitu tabel data umum, tabel data file, tabel laporan keuangan, dan tabel laporan BOS. Sejak diluncurkan 2003 lalu, tim Manajemen BOS telah melakukan sosialisasi, dan simulasi penggunaan ALPEKA di sekolah di beberapa kota. Diantaranya, Jakarta, Bandung, Solo, dan Makasar. (PIH)

Minggu, 19 Januari 2014

Dirgahayu OKU Selatan Ke 10


CIK IYA HERYANTI, S.Pd.SD
NIP. 196312131988042003

KEPALA SEKOLAH

DAN

SELURUH DEWAN GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 4 MUARADUA

Mengucapkan



Semoga Pendidikan di Kabupaten OKU Selatan Dapat Terus Meningkat


_______________

Sabtu, 04 Januari 2014

TUTORIAL PEMINDAHAN DATA DAPODIK KESEMESTER 2

Memasuki semester 2 operator dapodik diseluruh sekolah yang ada di Indonesia mulai disibukan dengan upadate data ke semester 2, untuk sekedar berbagi informasi kami sediakan tutorial bagaimana cara memindahkan data dari semester 1 ke semester 2, Namun perlu di perhatikan bahwa pastikan Data yang diimput di semester 1 sudah benar-benar lengkap dan aplikasi sudah di update keversi 2.0.5, baiklah mari kita mulai:

Pertama yang harus kita lakukan adalah mengupdate periodik menjadi semester Genap


Kedua Periksa kembali indentitas sekolah di beranda apakah sudah berubah ke semester 2

Ketiga Pilih table menu Rombongan Belajar kemudian klik lanjut semester kemudian pilih rombel yang akan kita masukan (dalam hal ini tidak akan merubah anggota rombel didalamnya)


Kempat Pembelajaran akan kosong kembali diroster/pembagian mengajar di semester 2, silakan maping kembali PTK-PTK yang mengajar dirombel tersebut di periode semester 2 ini



Kelima Cek Validasi namun jangan kaget sebab data periodik untuk semester 2 akan kembali kosong, seperti Periodik Sekolah, Data Periodik Peserta Didik, Sarpras untuk sementara abaikan aja dulu sebab di versi aplikasi selajutnya akan dibuatkan fitur untuk memindahkan isi periodik dari semester 1 ke semester 2 secara otomatis, namun jika ada perubahan data silakan lengkapi datanya dan pastikan data selain dari data periodik tersebut tidak ada yang invalid.


Terima Kasih Semoga Bermanfaat...........